Rabu, 15 Juni 2011

Pentingnya surat perjanjian jual beli

Dalam bisnis sangat penting jika anda memiliki surat penjanjian jual beli. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari selembar kertas ini. Mungkin untuk waktu dekat masalah belum timbul, tetapi masalah akan timbul di masa yang akan datang. Saat usaha sudah besar dan berkembang ego manusia sulit di kontrol dan sangat mungkin untuk terjadi masalah.
Surat perjanjian jual beli dimaksudkan untuk memberikan kejelasan hak dan kewajiban dikeduabelah pihak. Jadi nantinya tidak ditemukan masalah antara hak dan kewajiban masing-masing anggota. Masalah yang sering timbul adalah tentang pembagian keuntungan, tentu jika pembagian keuntungan sudah ditentukan diawal, maka tidak timbul masalah seperti ini.
Biarpun usaha anda masih kecil, tetap harus membuat surat perjanjian jual beli. Apalagi jika usaha anda dilakukan oleh anda dan teman dekat atau sudara anda, sangat wajib anda lakukan. Jangan menganggap enteng masalah ini. Karena tidak sedikit yang hubungan persaudaraannya hancur karena bisnis yang tidak jelas pembagiannya.
Jadi, mulailah membuat surat perjanjian bisnis dari sekarang, di secarik kertas saja sudah cukup, yang penting ada detail perjanjiannya dan tanda tangan dikedua belah pihak. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar